Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Senin, 18 Mei 2015

BPS SOSIALISASIKAN PEMUTAKHIRAN BASIS DATA TERPADU KAB OGAN ILIR


INDRALAYA - Bupati Ogan Ilir Ir. H. Mawardi Yahya di ruang rapat Bupati Ogan Ilir Tanjung Senay memberikan sambutan dan pengarahan tentang pelaksanaan pemutakhiran Basis Data Terpadu yang dilaksanakan oleh BPS Kab Ogan Ilir, senin 18 Mei 2015 pagi.
Acara sosialisasi pemutakhiran basis data terpadu tahun 2015 dilakukan untuk pemantapan data program-program perlindungan sosial di Kabupaten Ogan Ilir kedepan, dihadiri ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Ogan Ilir (TKPKD) Drs. HM. Daud Hasyim, para aisten setda, staff ahli bupati, kepala SKPD dan 16 camat dalam Kabupaten Ogan Ilir, serta Tim Fasilitator masing-masing kecamatan.
Bupati H Mawardi Yahya dalam pengarahannya
mengharapkan agar melalui pemutakhiran data terpadu Data penduduk di Kabupaten Ogan Ilir akan sama Data yang ditetapkan antar SKPD seperti BPS, Catatan Sipil, Dinas Sosial dan BKKBN, saat inilah kiranya dapat mempersatukan pengambilan, pengolahan dan pempublikasian data penduduk yang akurat dan sama.  
Kepada para Camat se-Kab Ogan Ilir beliau menginstruksikan agar dapat melakukan pengawasan dalam pendataan ini, karena camatlah yang menguasai wilayah masing-masing, dan camatlah yang bertanggungjawab terhadap data penduduk yang akan ditetapkan nantinya. 
Mawardi juga mengharapkan agar pendataan penduduk dilakukan sesuai dengan kriteria yang baku, sesuai standar program jaminan sosial nasional.  Beliau sangat mengharapkan agar data penduduk kategori yang akan menerima bantuan benar-benar cocok dengan kenyataan di lapangan bukan asal-asal pilih dan sebagainya.
Mawardi Yahya juga berpesan kepada petugas lapangan fasilitator pemutakhiran data penduduk dapat mengecek langsung kondisi rumah tangga sasaran yang didata.
Kepala BPS Kabupaten Ogan Ilir Chairunnisyah dalam paparannya menyampaikan bahwa pendataan akan dilamulai tanggal 20 Mei hingga 24 Juli 2015 yang akan datang, guna mempersiapkan calon menerima bantuan program-program perlindungan sosial seperti Program Kartu Indonesia Sehat, Program Indonesia Pintar dan Program Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera.
Kepala BPS Ogan Ilir Chairunnisyah juga menyebutkan bahwa pada tahun 2014 terdata penduduk Miskin dan Sangat Miskin sebanyak 54 ribu lebih namun jumlah penduduk yang mendapat bantuan program penanggulangan kemiskinan seperti bantuan beras untuk keluarga miskin hanya sebanyak 27 ribu kepala keluarga.