Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Selasa, 26 Mei 2015

ANGGOTA PPS SE-OGAN ILIR DILANTIK KETUA KPU KAB OGAN ILIR

INDRALAYA - Disaksikan Bupati Ogan Ilir Ir. H. Mawardi yahya, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim 0402 OKI/OI, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir Annahrir S.Ag, secara resmi melantik sebanyak 723 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa/kelurahan dari 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir, Senin (18/5) lalu di gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senay Kota Indralaya, pukul 14.00 WIB sampai 13.30 WIB.
Ke-723 orang ketua dan anggota PPS  tersebut, tersebar di  241 Desa dari 16 Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir, dimana setiap desa memiliki 3 petugas PPK.
Mereka resmi dilantik, usai pihak panitia seleksi penerimaan PPS melaksanakan tes tertulis, wawancara dan uji "fit and proper tes" dari 1.446 peserta yang mendaftar.
"Iya, didapatlah 723 peserta yang lulus setelah mengikuti proses seleksi yang ketat dan hari ini, mereka resmi dilantik," kata ketua KPUD OI, Annahrir, Senin (18/5). Selanjutnya, dikatakan Annahrir, usai dilantik, petugas PPS tersebut sudah mulai menjalankan kewajibannya seperti biasa diantaranya yakni melakukan koordinasi dengan stakehoder-stakeholder perangkat Desa untuk membentuk sekret Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap desa sekaligus mengkomposisi kepengurusan PPS itu sendiri.
"Umumnya, rata-rata mereka ini sudah berpengalaman. Minimal sudah mengenal teknis-teknis penyelenggaraan Pemilu. Namun, kita tetap berikan bimbingan teknologi (bimtek) sekaligus pembekalan bagi mereka," papar Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir seraya menyebutkan yang perlu ditekankan kepada mereka adalah pemahaman aturan, etika, dan kemudian Profesional dalam menjalanka tugas.
"Dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pemilihan bupati. Tentunya mereka (PPS) dibutuhkan sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilkada yang dijadwalkan berlangsung pada Desember mendatang," tambah Annahrir, S.Ag.
Seperti diketahui bahwa Jabatan Bupati Ogan Ilir saat ini akan berakhir pada tanggal 22 Agustus 2015 dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir masa bhakti tahun 2016-2020 akan dilakukan pada tanggal 9 Desember 2015 serentak dengan 6 kabupaten di Sumatera Selatan, yaitu Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Selatan, OKU Timur, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, dan Kabupaten PALI.

Pada hari Jumat 15 Mei 2015 yang lalu sebanyak 80 orang ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga telah dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir Annahrir, S.Ag di Ruang Garuda LPMP Indralaya.
Pelaksanaan pelantikan tersebut di hadiri oleh Bupati Ogan Ilir H. Mawardi Yahya. Kapolres Ogan Ilir, Kesbangpol, Camat Kecamatan se-Kabupaten Ogan Ilir, Panwaslu dan undangan lainnya.  Ketua KPU Ogan Ilir Annahrir, S.Ag, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, Annahrir berpesan dan meminta kepada Anggota PPK untuk bekerja secara profesional sesuai dengan asas-asas penyelenggaraan pemilu. Ketua KPU juga berpesan bahwa KPU tidak akan membeda-bedakan antar penyelenggara di masing-masing tingkatan, yang terpenting adalah kerjasama demi kesuksesan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015.
Senada dengan Ketua KPU OI, Bupati Ogan Ilir, H. Mawardi Yahya, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada PPK yang baru dilantik, lebih lanjut Bupati Ogan Ilir mengatakan, PPK dalam melaksanakan tugas hendaknya senantiasa berkoordinasi dengan stakeholder di wilayah kerja kecamatan masing-masing seperti camat, kapolsek, koramil dan penyelenggara lainnya yang ikut andil dalam mensukseskan pemilukada tahun 2015.
Usai diadakan pelantikan, seluruh anggota PPK langsung menerima bimbingan teknis tentang tata kerja PPK dan pedoman pelaksanaan pemilu. Hadir sebagai pembicara dalam pelaksanaan kegiatan yakni seluruh komisioner KPU Ogan Ilir, Annahrir, S.Ag, M.Si, Amrah Muslimin, SE, M.Si, Dra. Massuryati, Amrah Muslimin, ST dan Nelli Eponi, S.Pd.