Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Kamis, 27 Agustus 2015

KPU OGAN ILIR ANULIR KEPUTUSAN PASANGAN CALON BUPATI-WAKIL BUPATI

INDRALAYA - KPU Kabupaten Ogan Ilir pada Rapat Pleno tanggal 24 Agustus 2015 telah menetapkan 2 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir untuk PEMILUKADA serentak tanggal 9 Desember 2015. Namun akhirnya Pasangan Calon Bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan yang maju dari jalur perseorangan, Sobli Rozali-Taufik Toha akhirnya bisa bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah di Ogan Ilir pada 9 Desember 2015 mendatang. Sebelumnya, KPU telah mengugurkan pasangan ini pada 24 Agustus lalu, sehingga Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati yang akan bertarung menjadi 3 pasangan calon. Perubahan keputusan itu terjadi setelah KPU Ogan Ilir melaksanakan rekomendasi KPU Sumsel untuk kembali melakukan verifikasi surat dukungan di tingkat desa dan kecamatan.  Setelah proses yang berlangsung hingga Pukul 02.00 dini hari,

Kamis (27/8/2015), pasangan itu kemudian dinyatakan lolos menjadi peserta pilkada. Lolosnya pasangan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 18/KPTS/KPU-OI/006.435466/VIII/2005. Anggota KPU Ogan Ilir Amrah Muslimin ketika dikonfirmasi pun membenarkan adanya perubahan tersebut.
Menurut dia, setelah dilakukan verifikasi ulang ternyata jumlah KTP dukungan bertambah dari sebelumnya 1.907 menjadi 1.983. Dengan demikian ada kelebihan sebanyak 76 dukungan. "Atas dasar itu maka KPU Ogan Ilir memutuskan meloloskan pasangan H. Sobli-H.Taufik," kata dia.
Sedangkan soal nomor urut yang sudah ditetapkan Amrah mengatakan, hal itu soal teknis dan akan dibicarakan dengan pimpinan KPU lain.
Sementara anggota tim sukses pasangan Sobli-Taufik, Yaprudin mengaku gembira dengan keputusan tersebut. "Hal ini merupakan berkah dari Allah untuk pasangan H. Sobli- H.Taufik beserta pendukungnya," kata Yaprudin.
Sebelumnya, Ketua KPU Ogan Ilir Anahrir sempat menjelaskan, pasangan calon yang lolos untuk ikut dalam pilkada hanya dua. Kedua pasangan itu adalah, Calon Bupati Helmy Yahya yang berpasangan dengan Muchendi Mahzareki sebagai Calon Wakil Bupati.
Helmy dikenal sebagai putra daerah tersebut yang sukses menjadi pekerja hiburan di Ibu Kota. Sementara, Muchendi adalah putra dari Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki.
Satu pasangan lain yang lolos adalah, AW Noviadi yang adalah putra dari Bupati petahana Mawardi Yahya, yang akan berpasangan dengan H. Ilyas Panji Alam politisi PDI Perjuangan.