Laman

"46 Tahun KORPRI Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa"

Selasa, 08 September 2015

PRESIDEN RI JOKOWIDODO KUNJUNGI PEMBANGUNAN TOL PALEMBANG-INDRALAYA


Indralaya – Presiden Jokowidodo terjun langsung meninjau proyek Jalan Tol Palembang-Indralaya(Palindra).  Tiba pukul 11.15 WIB, Jokowi turun ditengah Pekatnya kabut Asap, dia didampingi Menteri PU Basuki Hadimuljono dan Gubernur Sumsel Ir. H. Alex Noerdin, berjalan menyusuri
proyek hingga 300 meter. Progres jalan Tol ini Luar biasa, padahal ground  breaking nya 30 april lalu, artinya baru berjalan empat bulan sudah luar biasa pekerjaannya, hingga mencapai 8,5km”.

Pembangunan tol ini murni menggunakan APBN tahun jamak. Nilainya 3.301 triliun. Konstruksi yang dipakai system vakum. Lebih efisiensi dalam hal penggunaan dana. Presiden menarget kan 2017 akhir tol palindra sepanjang 22 km bisa diselesaikan yang jelas sebelum Asian Games
Groundberaking pembangunan tol palindra diresmikan Presiden Jokowi pada 30 april 2015. Pembangunan sempat terhambat satu bulan lantaran masih adanya lahan yang belum dibebaskan dan pemilihan teknologi apa yang diterapkan di atas rawa.

Untuk pertamakalinya, Hutama Karya yang berpengalaman membangun tol di Indonesia melakukannya di atas rawa. Mengadopsi teknologi dari tiongkok, pembangunan tol palindra system vakum (penyedotan).  Jalan Tol Palembang –Indralaya bagian Trans Sumatera dari aceh – lampung sepanjang 2.818 kilometer. Adanya tol ini diharapkan presiden bisa membuat harga-harga barang murah karena distribusi semakin cepat . waktu tempu Palembang lampung yang selama ini dicapai selama 9 jam, nantinya hanya jadi 2,5-3 jam.
Pemerintah pusat memberikan perhatian khusus pada ruas jalan tol yang tergabung pada mega proyek Trans Sumatera ini. Tol Palindra rencananya dibuat sepanjang 22 km. berdasarkan informasi dari tim teknis lapangan, hingga kini sudah 7 km lahan yang dibuka, 700 m diantaranya sudah ditimbun.

Jokowi sempat makan siang RM Sederhana dan menjadi imam saat sholat dimusholah rumah makan Indralaya ogan ilir dan melanjutkan perjalanannya ke kecamatan sepucuk kab. Ogan Komering Ilir memantau lahan-lahan yang terbakar.  Pekatnya asap dan debu kebakaran tersebut, presiden jokowi tak memakai masker.  Ia hanya mengenakan baju kemeja pitih dan celana hitam. Cukup lama pak presiden disana sementara helicopter wara wiri di udara berusaha memadamkan kebakaran.

Presiden Jokowi memperingatkan agar upaya penanggulangan kebakaran hutan diantisipasi dari jauh-jauh hari. Menurut Jokowi sudah selayaknya PT Tempirai ditindak tegas, sanksi tegas harus dioberikan, untuk pidananya nanti Polri yang mengusut, Untuk kelalaiannya ini, maka izin PT tempirai bisa dicabut.