Laman

"46 Tahun KORPRI Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa"

Rabu, 23 Maret 2016

HM ILYAS PANJI ALAM PLT BUPATI OGAN ILIR BUKA MUSRENBANG RKPD KAB OGAN ILIR TA 2017

Plt Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam, SE, SH, MM saat memberikan pengarahan pada Musrenbang RKPD Kabupaten Ogan Ilir tahun 2017, Rabu 23 Maret 2016 di KPT Pemkab Ogan Ilir
INDRALAYA ~ Bertempat di gedung serba guna Pemkab Ogan Ilir di KPT OI Rabu 23 Maret 2016 pada pukul 10.00 WIB Pelaksana Tugas BUPATI Ogan Ilir HM ILYAS PANJI ALAM telah membuka pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan daerah tahun 2016 Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kab Ogan Ilir tahun 2017.  Musrenbang sendiri akan berlangsung selama 2 hari 23 hingga 24 Maret 2016 di hari pertama mendengarkan paparan usulan program pembangunan kecamatan oleh 16 camat dalam Kabupaten Ogan Ilir, kemudian di hari kedua akan dilaksanakan  penyampaian usulan program pembangunan dari SKPD dan menyesuaikannya dengan usul program pembangunan hasil Musrenbang di 16 kecamatan.
Plt Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam dalam sambutannya mengatakan hendaknya seluruh camat dapat hadir hingga berakhirmya musrenbang dan dalam pembahasan agar disesuaikan dengan skala prioritas mengingat
saat ini ketersediaan dana APBD Kabupaten sangat terbatas.  HM Ilyas juga meminta agar dalam proses musrenbang ini dapat menampung seluruh aspirasi masyarakat Kabupaten Ogan Ilir terhadap kebutuhan masyarakat agar mencapai kesejahteraan.
Melalui Thema Musrenbang Kab Ogan Ilir RKPD tahun 2017 ini adalah Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Ogan Ilir lebih sejahtera, unggul dan berkualitas menuju Ogan Ilir yang Gemilang, kiranya dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan. dalam vsi dan misi Bupati Ogan Ilir tahun 2016 - 2021.
Selain itu, Plt Bupati Ogan Ilir juga meminta kepada seluruh kepala SKPD agar dapat lebih intensif melakukan pendekatan dan koordinasi dengan kementerian / Pemerintah Pusat dalam mencari peluang dana untuk pembangunan Kabupaten Ogan Ilir, juga kepada kepala SKPD agar dapat melakukan pendekatan dengan perusahaan yang ada guna memanfaatkan dana CSR untuk pembangunan Kabupaten Ogan Ilir kedepan, demikian HM Ilyas Panji Alam mengakhiri pengarahannya.
Sebelumnya Kepala Bappeda Provinsi Sumsel yang diwakili ibu Regina Ariyanti, ST menyampaikan agar penyusunan RKPD hasil Musrenbang ini disesuaikan dengan program Visi dan Misi Bupati Ogan Ilir terpilih, serta menyelaraskan dengan RPJMD Provinsi Sumsel, dan RPJM Nasional.
Regina mengatakan bahwa prioritas program pembangunan Provinsi Sumatera Selatan tahun 2017 adalah fokus pada percepatan dan perluasan hilirisasi industri berbasis pertanian (secara luas) dan pertambangan, selain itu juga prioritas pengembangan kawasan ekonomi Tanjung Api-Api.
Regina juga mengharapkan dalam penyusunan RKPD Kab Ogan Ilir agar mempertimbangkan kondisi pertumbuhan ekonomi Kab Ogan Ilir tahun 2015 sebesar 6,67 % mengalami penurunan dibanding pertumbuhan ekonomi tahun 2014 sebesar 7,14 %, namun demikian katanya bahwa pertumbuhan ekonomi Kab Ogan Ilir jauh lebih baik dibanding pertumbuhan ekonomi Sumsel tahun 2015 yaitu 4,68 %.
Sedangkan angka IPM Kabupaten Ogan Ilir dengan metode perhitungan baru, Kab Ogan Ilir yakni 64,49 pada tahun 2014 naik ke peringkat 10 dimana sebelumnya pada posisi perngkat 12 se Sumatera Selatan.
Lebih lanjut Regina yang mewakili ka Bappeda Sumsel menyebutkan bahwa angka kemiskinan Kabupaten Ogan Ilir tahun 2012 adalah 51.426 jiwa, kemudian tahun 2013 menjadi 55.422 jiwa dan pada tahun 2014 turun menjadi 54.205 jiwa, hal ini harusnya menjadi dasar pertimbangan dalam penetapan skala prioritas pembangunan Kab Ogan Ilir tahun 2017, imbuhnya.
Mengenai program pengentasan kemiskinan Sumstera Selatan, Regina meminta agar Kabupaten Ogan Ilir segera menyampikan usulan lokasi desa / kelurahan dimana akan dialokasikan program pengentasan kemiskinan Sumatera Selatan.