Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Kamis, 17 Maret 2016

KEJAKSAAN NEGERI KAYUAGUNG SOSIALISASIKAN PEMBENTUKAN TP4D DI PEMKAB OGAN ILIR

Suasana Sosialisasi pembentukan TP4D di Ruang Rapat Bupati Kab Ogan Ilir, Rabu 17 Maret 2016
INDRALAYA - Kepala Kejaksaan Negeri Kayuagung Viva Hari Rustaman, SH bertempat di ruang rapat Bupati Ogan Ilir di Indralaya Rabu, 17 Maret 2016 mulai pukul 10.00 WIB menggelar sosialisasi pembentukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Sosialisasi diberikan oleh Kepala Kejaksaaan Negeri bersama rombongan kepada seluruh SKPD, Unit Kerja/Kabag dan Camat se- Kabupaten Ogan Ilir dipimpin oleh Wakil Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam didampingi Kapolres Ogan Ilir, Perwira Penghubung Kodim 0402, Sekretaris Daerah dan Asisten III. Wabup Ogan Ilir HM Ilyas menyambut baik program TP4D ini karena akan memberikan dampak yang positif bagi pelaksanaan
pembangunan di Kab. Ogan Ilir.
Viva Hari Rustaman, SH Kejari Kayuagung Prov Sumsel
Sosialisasi ini mengarah kepada pemdampingan pelaksanaan program kerja pembangunan daerah. Sosialisasi juga bagian dari upaya kejaksaan untuk memaksimalkan penyerapan anggaran pemerintah daerah yang selama ini dinilai kurang maksimal karena ada rasa ketakutan terhadap masalah hukum.
Kajari Viva Hari Rustaman menjelaskan bahwa TP4D dibentuk atas dasar Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, ini kemudian dtindaklanjuti dengan Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor KEP-152/A/JA/10/2015 tanggal 1 Oktober 2015 tentang Pembentukan TP4D Kejaksaan RI.
TP4D merupakan Instruksi Presiden yang dilaksanakan secara Nasional di semua daerah.
TP4D memiliki tugas fungsi untuk mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif. TP4D juga memberikan penerangan hukum di lingkungan instansi pemerintah daerah mulai dari perencanaan, pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, pengawasan pengelolaan/keuangan daerah/negara. Tujuannya untuk memberikan pendampingan secara gratis dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan di daerah dan agar pemerintah daerah tidak ada keraguan untuk melangkah karena terkendala hal yang belum jelas.
Pertemuan sosialisasi pada hari ini, kedepan akan ditindak lanjuti dengan Penandatanganan MOU antara Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dengan Kejaksaan Negeri Kayuagung serta pembentukan Posko/Sekretariat TP4D Kab. Ogan Ilir di Bagian Hukum dan HAM Setda Pemkab Ogan Ilir.