Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Kamis, 19 Mei 2016

DINAS CAPIL LAKUKAN RAKOR DAN KONSOLIDASI PERCEPATAN CAKUPAN KEPEMILIKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN



Indralaya~ Bertempat di ruang rapat BUPATI Ogan Ilir kamis 19 Mei 2016 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah melakukan Rapat koordinasi dan konsolidasi tentang percepatan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan Kabupaten Ogan Ilir.
RAKOR dihadiri BUPATI Ogan Ilir HM ILYAS PANJI ALAM beserta Sekretaris Daerah H Herman, SH, kadin Pendidikan, kadin Kesehatan, staf ahli bupati, 16 camat, 16 cabdin serta operator KTP dari kantor kecamatan.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Ogan Ilir Akhmad Lutfi, S.Sos, M.Si dalam laporan perkembangan administrasi kependudukan menyampaikan antara lain bahwa hingga 30 April 2016
penduduk Kabupaten Ogan Ilir yang sudah melakukan perekaman KTP Elektronik sebanyak 209.518 jiwa dari jumlah penduduk wajib berKTP sebanyak 316.688 jiwa atau 66 %, dengan demikian terdapat 107.170 jiwa penduduk Kab Ogan Ilir yang belum melakukan perekaman Data KTP Elektronik atau 34 % baik di kantor camat ataupun di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Ogan Ilir di Indralaya.
Sedangkan dari jumlah penduduk di Kabupaten Ogan Ilir hingga saat ini kata Akh Lutfi yang baru memiliki Akta Kelahiran sebanyak 102.927 orang dari total jumlah penduduk 430.038 jiwa pada Desember 2015.
Menurut target nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Dal;am Negeri RI bahwa sampai September 2016 penduduk ber-KTP harus mencapai 100 % dan Akta Kelahiran mencapai 80 %. Terdapat 3 permasalahan mendasar yang terjadi dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan di Kab Ogan Ilir, yaitu : 1) keterbatasan kondisi perangkat pada beberapa kecamatan terutama di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Pemulutan Selatan, Rantau Alai dan Indralaya, baik menyangkut perangkat komputer maupun jaringan internet yang sering ngadat, 2) masih belum optimalnya kemampuan operator kependudukan dan pencatatan sipil di kantor kecamatan dan kabupaten, dan 3 ) masih belum baiknya pemahaman masyarakat akan pentingnya dokumen administrasi kependudukan.
Untuk itu kata Akh Lutfi, Dinas Duk Capil akan melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dalam hal penerbitan Akta Kelahiran ini.
Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam dalam pengarahannya mengatakan, marilah kita kerja cepat/lari dan bergandengan tangan untuk mensukseskan pencapaian target penduduk berKTP hingga September 2016 mencapai 100 % dan Akta Kelahiran penduduk OI mencapai 80 %.  Beberapa hal kendala yang terjadi di lapangan telah disepakati bersama, diharapkan kendala ini tidak akan terjadi lagi dan pelaksanaan perekaman dan pencetakan KTP dan Akta kelahiran dapat berjalan lancar dan tercapai target.
Pada akhir kegitan rakor ini dilakukan penandatanganan kerjasama antara Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam dengan seluruh Camat (16 kecamatan) dalam rangka kegiatan percepatan cakupan administrasi kependudukan di kecamatan dan Kabupaten Ogan Ilir.