Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Jumat, 29 Juli 2016

PEMERINTAH KABUPATEN OGAN ILIR SIAPKAN POSKO PENANGGULANGAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

INDRALAYA - Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam Kamis 28 Juli 2016 bertempat di simpang Kota Terpadu Mandiri Transmigrasi Rambutan (KTM Rambutan) meresmikan pendirian Posko Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan
dan Lahan Kabupaten Ogan Ilir. Dengan pendirian Posko ini
Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan mulai bersiaga menghadapi bencana kebakaran lahan dan hutan tahun 2016.
Posko terpadu penanganan kebakaran hutan dan lahan telah didirikan di Simpang KTM Rambutan Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara sejak beberapa hari lalu.
Upacara peresmian Posko diikuti oleh seluruh komponen terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Sumsel dan BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Manggala Agni, Satpol PP Sumsel dan Ogan Ilir serta personil TNI-Polri.
Ilyas Panji Alam mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir siap menghadapi bencana kebakaran lahan dan hutan tahun ini. Posko gabungan didirikan di Desa Sungai Rambutan yang menjadi lokasi rawan terjadi kebakaran lahan.
Selain meresmikan posko terpadu, Ilyas Panji Alam juga langsung mengecek peralatan yang dipakai untuk mengatasi kebakaran lahan, termasuk memeriksa tenda anggota satgas.
Ia juga mencoba kendaraan sepeda motor yang akan digunakan untuk mengatasi kebakaran di lokasi yang sulit dijangkau.
"Kita sudah siap jika terjadi kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, jika ada titik api akan segera kita atasi agar tidak meluas, kalau memang tidak teratasi maka kita akan minta bantuan pihak BPBD provinsi," kata Ilyas Panji.
Sekretaris Satgas Posko Penanggulangan Bencana Kebakaran Lahan BPBD Sumsel Iriansyah mengakui bahwa ada sejumlah kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, dan Musi Banyuasin beberapa waktu belakangan ini.
"Namun, skalanya masih kecil dan dapat ditanggulangi," katanya.