Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Kamis, 28 Juli 2016

PEMKAB OGAN ILIR AKAN BANGUN RUMAH SAKIT KEDUA


INDRALAYA - Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir dalam waktu dekat akan segera memiliki rumah sakit. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Ilir saat ini mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir untuk
menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah sakit yang diberi nama rumah sakit pratama.
“Ya, kami membutuhkan lahan seluas 3 hektar untuk pembangunan rumah sakit pratama di
Kecamatan Muara Kuang, OI. Komunikasi dengan pemerintah pusat sudah berjalan. Ya, untuk pembangunannya sendiri, kami tengah mengusulkan pemerintah pusat agar dapat menggulirkan dana untuk pembangunan rumah sakit pratama,”kata Kepala Dinas Kesehatan OI Hj Siska Susanti, beberapa waktu yang lalu.
Dia beralasan memilih lokasi di Kecamatan Muara Kuang lantaran sebagian besar masyarakat setempat dan sekitarnya memilih berobat ke Kabupaten OKU Timur dibandingkan menuju ke pusat Indralaya.
Dia mengaku keberadaan rumah sakit kedua milik Pemkab OI tersebut diyakini tidak akan menyaingi keberadaan rumah sakit Ogan Ilir yang ada di Tanjung Senai.
“Tujuan akhir keberadaan rumah sakit pratama di Muara Kuang semata-mata memberikan pelayanan kepada masyarakat OI. Bukan berarti keberadaan rumah sakit Muara Kuang akan menyaingi rumah sakit yang ada sekarang,”tuturnya.
Dia melanjutkan nanti rumah sakit pratama juga akan emmiliki sarana prasarana kesehatan seperti ruang UGD, laboratorium, rawat inap, dokter spesialis dan sarana prasarana penunjang lainnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) OI H Herman menambahkan pihaknya meminta Dinkes OI untuk dapat menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pembangunan rumah sakit tersebut. Untuk selanjutkan diserahkan ke bagian tata pemerintahan untuk pengadaan pembangunan rumah sakit pratama.
“Saya rasa dengan adanya rumah sakit pratama di Kecamatan Muara Kuang akan makin mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan, tanpa perlu lagi pergi ke kabupaten tetangga,”jelasnya.