Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Rabu, 31 Agustus 2016

KOMINFO RI SAMAKAN NOMENKLATUR SKPD KOMINFO DI DAERAH

BOGORKominfo - Perkembangan sektor TIK yang cepat menjadi tantangan dalam pembangunan karakter dan jati diri bangsa. Oleh karena itu, pemerintah merumuskan program pembangunan yang tepat untuk optimasi peran TIK di tanah air. “Penyusunan standar nomenklatur perangkat daerah bidang komunikasi dan informatika diharapkan akan memperlancar alur komando dalam bidang Kominfo,” papar Plt. Dirjen Aplikasi dan Informatika Mariam F. Barata pada Rapat Konsultasi Publik RPM Hasil Pemetaan Urusan Pemerintah Daerah dan RPM Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah di Bidang Kominfo, di IPB Convention Centre Bogor, Kamis (18/08/2016).
Lebih lanjut Mariam F. Barata menjelaskan bahwa kemajuan pembangunan TIK perlu diimbangi dengan peran pemerintah dalam melakukan komunikasi publik. “Perlu saya sampaikan, seringkali program pemerintah beserta hasil-hasil yang telah dicapai tidak diketahui  atau tidak sampai kepada seluruh masyarakat di pelosok tanah air. Sehingga diperlukan strategi komunikasi yang tepat.” Jelasnya.
Terkait strategi tersebut, Direktorat e-Government Dirjen Aplikasi Informatika berupaya merajut komunikasi dengan daerah dalam bentuk koordinasi dalam pengimplementasian fungsi Kominfo dalam mewujudkan urusan komunikasi dan informatika  yang lebih terarah. “Diharapkan dinas kominfo yang ada di daerah mampu menjadi jembatan pennghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat melalui perangkat kerjanya.” Ujar Mariam.
Konsultasi Publik RPM tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Kominfo dan RPM tentang Hasil Pemetaan Urusan Pemerintah Daerah di Bidang Kominfo ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka mendukung program pembentukan Dinas Kominfo yang merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.