Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Kamis, 25 Agustus 2016

MENTERI SOSIAL RI KHOFIFAH KUNJUNGI KAB OGAN ILIR

INDRALAYA - Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan rumah singgah atau shelter untuk korban kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Komplek Panti Sosial Indralaya Kabupaten
Ogan Ilir, senin (22/8). Khofifah yang disambut Plt Bupati Kabupaten Ogan Ilir H. M. Ilyas Panji Alam datang untuk memastikan kesiapan rumah singgah itu dalam menerima dan melayani korban kabut asap jika bencana kabut asap seperti tahun lalu terjadi lagi di Ogan IIir. Khofifah mengecek satu persatu ruangan yang akan dipakai oleh korban kebakaran lahan  Ada 9 tempat tidur, 3 penyaring udara dan 2 alat bantu pernapasan yang disiapkan. Namun menurut petugas di sana jumlah itu dapat ditambah sesuai kebutuhan. Khofifah juga meninjau ruang untuk anak-anak jika ada yang harus diungsikan ke rumah singgah ketika situasi dan kondisi memaksa.  Persiapan shelter terkait dengan antisipasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ogan Ilir.
Selain rumah singgah, juga disiapkan petugas trauma healing dan trauma conseling. Persiapan rumah singgah, lanjut dia, tidak hanya dilakukan di Ogan Ilir tetapi juga di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Musi Banyuasin dan di provinsi lain yang tingkat indeks standar pencemaran udara (ISPU) nya sudah melawati ambang batas. “Memang kemarau kali ini disebut kemarau basah, tetapi kemungkinan sampai September. Kalau kemudian terjadi kemarau, maka potensi hotspot akan muncul terutama di daerah yang memiliki lahan gambut jika nanti terjadi kebakaran lahan dan kabut asap, maka kami siapkan shelter ini,”katanya. Sementara Plt Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam menyatakan, Pemkab Ogan Ilir telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Ogan Ilir, seperti mendirikan desa siaga kebakaran hutan dan lahan serta mendirikan posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di tingkat kabupaten dan kecamatan di Ogan Ilir.