Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Jumat, 18 November 2016

7 FRAKSI DPRD OGAN ILIR SETUJUI RAPERDA TENTANG ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KAB OGAN ILIR MENJADI PERDA

TANJUNG SENAY - Raperda tentang Organisasi Perangkat Daerah Kab Ogan Ilir yang telah dibahas sejak 15 September 2016 akhirnya dapat disetujui oleh 7 Fraksi DPRD Kab Ogan Ilir untuk dijadikan Peraturan Daerah Kab Ogan Ilir.  Rapat paripurna DPRD Kabupaten Ogan Ilir  dipimpin Drs. H. Ahmad Yani, MM ini dihadiri
Bupati Ogan Ilir HM ILyas Panji Alam dimulai pukul 15.30 WIB, anggota DPRD, Sekda, Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, dan kepala SKPD/unit kerja.
HM Ilyas Panji Alam dalam pidato nota penjelasannya  teradap Hasil Fasilitasi Gubernur Sumatera Selatan atas Raperda OPD ini  menyampaikan bahwa terdapat penyempurnaan /perubahan antara lain :
1.  Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian berubah menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Ogan Ilir.
2.  Dinas Pertanian dan Pangan berubah menjadi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Ogan Ilir.
3.  Dinas Penanaman Modal dan Perizinan berubah menjadi Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kab Ogan Ilir.
4.  Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah berdasarkan hasil fasilitasi maka dapat dibentuk 2 badan yaitu Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, selanjutnya setelah dikordinasikan dengan Pansus I DPRD Kab Ogan Ilir nomenklatur berubah menjadi Badan Pendapatan Daerah Kab Ogan Ilir.

Selengkapnya nomenklatur pembentukan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) / Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016, sebagai berikut :

  1. Staf Ahli Bupati, terdiri dari : 1) Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi dan Pemerintahan, 2) Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, dan 3) Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat dan SDM.
  2. Sekretariat Daerah Pemkab Ogan Ilir, terdiri dari : I. Asisten I Bidang Pemerintahan, meliputi : a) Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, b) Bagian Hukum dan HAM, c) Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat; II. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, meliputi : a) Bagian Administrasi Perekonomian, b) Bagian Administrasi Pembangunan, c) Bagian Keuangan; III. Asisten III Bidang Administrasi, meliputi : a) Bagian Humas dan Protokol, b) Bagian Umum dan Perlengkapan, c) Bagian Organisasi.
  3. Sekretariat DPRD
  4. Inspektorat
  5. Dinas Daerah (19 Dinas Daerah), terdiri dari : 1) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, 2) Dinas Kesehatan, 3) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, 4) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, 5) Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, 6) Dinas Sosial, 7) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, 8) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, 9) Dinas Luingkungan Hidup dan Pertanahan, 10) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, 11) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, 12) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 13) Dinas Perhubungan, 14) Dinas Komunikasi dan Informatika, 15) Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, 16) Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, 17) Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, 18) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan 19) Dinas Perikanan.
  6. Badan Daerah (5 Badan Daerah),  meliputi : 1) Badan Perencanaan Daerah, 2) Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah, 3) Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, 4) Badan Pendapatan Daerah, dan 5) Badan Penelitian dan Pengembangan.
  7. Kecamatan (16 Kecamatan), meliputi : 1) Kecamatan Muara Kuang, 2) Kecamatan Tanjung Batu, 3) Kecamatan Tanjung Raja, 4) Kecamatan Indralaya, 5) Kecamatan Pemulutan, 6) Kecamatan Rantau Alai, 7) Kecamatan Indralaya Utara, 8 ) Kecamatan Indralaya Selatan, 9) Kecamatan Pemulutan Barat, 10) Kecamatan Pemulutan Selatan, 11) Kecamatan Rantau Panjang, 12) Kecamatan Sungai Pinang, 13) Kecamatan Kandis, 14) Kecamatan Rambang Kuang, 15) Kecamatan Payaraman, dan 16) Kecamatan Lubuk Keliat.
  8. Unit Kerja Lain-lain, terdiri dari : a) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, b) Badan Penanggulangan Bencana Daerah, c) Rumah Sakit Umum Daerah, d) Sekretariat KORPRI, dan e) 14 Kelurahan.