Laman

"46 Tahun KORPRI Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa"

Rabu, 23 November 2016

SUMSEL DIJADIKAN PERCONTOHAN PENGGUNAAN TANDATANGAN DIGITAL

PALEMBANG - Bertempat di Hotel Horison Ultima Palembang kemaren 22 Nopember 2016 Kementerian Komunikasi dan Informatika RI telah melakukan Rapat Kerja Kominfo yang menjadikan Provinsi Sumatera Selatan
sebagai Percontohan Penerapan Tanda Tangan Digital pada transaksi elektronik karena dinilai masyarakat Sumsel sudah siap memanfaatkan terobosan baru tersebut.
Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kominfo RI Herry Aziz dalam pengarahannya kemaren mengatakan pihaknya ingin menjadikan Sumatera Selatan sebagai percontohan dalam menerapkan teknologi Tanda Tangan Digital ini.  Apalagi masyarakat Sumsel kata beliau sudah siap memnafaatkan tandatngan digital pada setiap transaksi elektronik kedepannya.
" Tanda tangan elektronik ini memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan di atas kertas.  Hal ini saesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) ", katanya. Pada tanda tangan digital ini memberikan jaminan identitas yang valid, jaminan kerahasiaan, jaminan integritas seerta nirsangkal terhadap dokumen dan transaksi elektronik".
Dalam penggunaannya kata Herry, sistem tanda tangan elektronik memiliki tingkat keamanan yang tak bisa dipalsukan, sebab masing-masing orang akan memiliki Personal Indentification Number (PIN) yang harus dimasukkan sebelum melakukan tanda tangan elektronik.
Lebih lanjut Heryy mengatakan, untuk membuat tanda tangan digital pengguna harus memiliki hardware berubah flashdisk itu perannya sama dengan kartu debet karena menggunakan PIN saat akan menggunakannya, jadi ini bukan flashdisk biasa tapi di dalamnya sudah ada aplikasi dan PIN yang hanya bisa diakses oleh pengguna.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, menyebutkan bahwa " Jika Sumsel menjadi percontohan dalam penerapan tanda tangan digital ini, program ini diharapkan dapat memberi pelayanan yang mudah kepada masyarakat Sumsel ".