Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

Senin, 19 Desember 2016

PEKMKAB OGAN ILIR TERIMA SKK MIGAS SOSIALISASIKAN RENCANA SURVEY SEISMIK DI OGAN ILIR

TANJUNG SENAY - Senin 19 Desember 2016 pagi Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dipimpin langsung Bupati Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam, SE, SH, MH menerima dan menghadiri acara sosialisasi Rencana Survei Seismik 2 Dimensi yang dilakukan oleh SKK MIGAS Provinsi Sumatera Selatan bersama-sama PT Terra Global Vestal Baturaja sebagai penyaji paparan.
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) adalah institusi yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. 
Kepala Bag Humas SKK Migas Sumsel menyampaikan bahwa SKK Migas menyelenggarakan kegiatan hulu migas antara lain survey dan pencarian sumber-sumber Migas baru.
PT Terra Global Vestal baturaja memaparkan tentang rencana pelaksanaan survey seismik 2 Dimensi di Wilayah Kerja Kab Ogan Ilir, OKU, OKI, OKUT dan OKUS, dengan luas areal 4.294,87 km2 dan akan melakukan suvey siesmik 2D seluas 700 km2 di 4 Kab yaitu Ogan Ilir, OKU, OKUT, OKUS.

Tahapan pelaksanaan survey seismik antara lain : perizinan dan sosialisasi, pendataan kepemilikan lahan, pekerjaan tofografi, rintis titian, pekerjaan pengeboran siesmik, pekerjaan rekaman/recording, pendataan akhir, kompensasi, Reklamasi, kontraktor yang terlibat, tenaga kerja (termasuk tenaga kerja lokal) dan transportasi logistik dan pekerja, demikian Taufik dari PT Terra Global Vestal Baturaja.
Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam dalam penyambutannya antara lain menginstruksikan kepada Asisten I dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup) dengan mengikutsertakan pihak Kodim dan Kepolisian. Paparan PT Terra Global sangat baik dan sudah cukup,namun perlu dilakukan pengawasan agar dapat berjalan sesuai rencana dan peraturan yang ada, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.  HM Ilyas juga mengharapkan pada SKK MIGAS dan PT TERRA GLOBAL agar dapat bekerja sama dengan PD Petrogas Ogan Ilir yakni BUMD Pemkab OI dalam persiapan dan pelaksanaan survey seismik ini.
Bupati Ogan Ilir HM Ilyas meminta agar pelaksana susrvey Seismik dapat menyampaikan laporan akhir hasil kegiaan ini.
Dalam diskusi yang berkembang Staf Ahli Bupati mempertanyakan bagaimana masyarakat/pemilik lahan yang terkena pengeboran dapat memanfaatkan lahan yang sudah dibor bila ternyata menghasilkan air artesis seperti yang pernah terjadi di beberapa lokasi. Pihak PT Terra menjawab bahwa bila itu dapat dikembangkan dan dimanfaatkan akan dilakukan pemberian CSR oleh perusahaan misalnya dibangun sebagai sumber air bersih.