Laman

"46 Tahun KORPRI Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa"

Sabtu, 11 November 2017

UPACARA HARI PAHLAWAN 10 NOPEMBER DI OGAN ILIR BERLANGSUNG KHIDMAT

INDRALAYA UTARA-Bupati Ogan Ilir, HM.Ilyas Panji Alam, SE.SH.MM bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Halaman Kantor Camat Indralaya Utara, Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.
Upacara tersebut juga dihadiri Kapolres OI AKBP Arif Refai SIk, Perwira Penghubung Ogan Ilir Mayor Inf Ikrra, para pimpinan OPD, Sekda H. Herman SH MM, serta pejabat TNI/Polri, PNS, mahasiswa, pelajar, kepala desa se-Kecamatan Indralaya Utara, veteran, warakauri, dan undangan lainnya.
Dalam pidatonya, Ilyas Pamji Alam, membacakan sambutan Menteri Sosial RI yang menyampaikan bahwa  sejarah perjalanan Bangsa dan Negara Indonesia memerlukan perjuangan panjang.
“Di atas cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945. Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan. Sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia, sebagai bangsa yang merdeka, yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya,” ujar Bupati OI.
Setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil, dan makmur. Apabila mampu bersatu sebagai satu bangsa maka dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.
“Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia,” tegas Ilyas.
Pesan dalam amanat hari Pahlawan ini, yakni mengambil pelajaran dari apinya perjuangan para pendahulu. Dimana api yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua yakni, api yang membentuk terbangunnya Persatuan Indonesia yang terdiri atas dua hal yakni adanya harapan dan pengorbanan. Harapan dan pengorbanan itulah yang membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia.
Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini dengan tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.  Usai upacara, Kapolres Ogan Ilir dan  Mayor Ikrra selaku Perwira Penghubung 0402 OI/OKI memimpin Ziarah Nasional, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesatria Caram Seguguk Indralaya Utara.