Memasuki Musim Hujan, Bupati OI Himbau Masyarakat Waspada DBD

By kominfo 03 Feb 2019, 11:44:03 WIB Berita
Memasuki Musim Hujan, Bupati OI Himbau Masyarakat Waspada DBD

Kominfo OI - Memasuki musim penghujan Bupati OI HM Ilyas Panji Alam SE SH MM menghimbau seluruh masyarakat  Ogan Ilir agar lebih meningkatkan kewaspadaan dini terhadap berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya terutama yang saat ini sedang marak kasus Demam Berdarah (DBD) di Beberapa Kabupaten di Indonesia.

Pengumuman kewaspadaan dini ini tertuang dalam surat edaran yang ditandatangani oleh  Bupati OI HM Ilyas Panji Alam SE SH MM dengan nomor 440/1729/II/Kes/2019. Dengan adanya surat edaran ini diharapkan masyarakat agar waspada dan memperhatikan pentingnya berprilaku bersih dan sehat.

Menindaklanjuti surat edaran tersebut Dinas kesehatan OI terus menyelenggarakan sosialisasi  Penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana cara pecegahan DBD, yakni dengan Tindakan 3 M plus Menguras, Menutup, Mendaur Ulang Sampah-Sampah Bekas serta memakai kelambu /lotion anti nyamuk pada saat tidur. Selain itu Dinkes OI juga melakukan aksi pengasapan (fogging) di daerah yg berpotensi terjangkitnya penyakit DBD, dan aksi Penyuluhan Keliling  ini juga nantinya akan diteruskan di Seluruh wilayah Kabupaten Ogan Ilir secara merata melalui Tim dari Puskesmas- Puskesmas yang tersebar di Seluruh Kabupaten Ogan Ilir.

Kepala Dinas Kesehatan OI DR Nurharlina S.Kp, M.Kep.S.Kom melalui Kasi Promosi dan Pemberdayaan Dinkes Ogan Ilir, Henny, SKM, M.Kes mengatakan dengan diadakannya aksi ini di harapkan agar semua masyarakat di Kabupaten Ogan Ilir dapat melakukan pencegahan dini DBD minimal dimulai dari diri sendiri, keluarga dan pada seluruh masyarakat, hal ini juga untuk menekan penyakit akibat DBD,"ujarnya 
Henny berharap hal ini didukung oleh setiap instansi, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan masyarakat "dengan adanya kerjasama  dan partisipasi dari seluruh sektor dan instansi terkait OPD, Camat, Kades, lurah dan lain-lain melalui GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dapat bersama-sama mewujudkan Kabupaten Sehat."Pungkasnya.(Mus)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment