Visi Misi Bupati

By admin 02 Jan 2019, 10:32:13 WIB

Berita Foto Populer

Visi

             Visi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir periode tahun 2016- 2021 

                            TERWUJUDNYA MASYARAKAT OGAN ILIR
                      LEBIH SEJAHTERA, UNGGUL DAN BERKUALITAS
                             DILANDASI KEIMANAN DAN KETAQWAAN
                                   KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA

             Makna yang terkandung dalam Visi tersebut dijabarkan sebagai berikut :

         Sejahtera

Ogan Ilir Sejahtera merupakan suatu kondisi masyarakat yang terpenuhi kebutuhan dasar seperti sandang, pangan, perumahan, air bersih, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, rasa aman dari perlakuan atau ancaman tindak kekerasan fisik maupun non fisik, lingkungan hidup dan sumber daya alam, berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan politik, mempunyai akses terhadap informasi serta hiburan, terciptanya hubungan antar masyarakat Ogan Ilir yang dinamis, saling menghargai, bantu membantu, saling pengertian; serta tersedia prasarana dan sarana publik, transportasi dan teknologi yang mencukupi, nyaman dan terpelihara dengan baik.

         Unggul

Ogan Ilir Unggul adalah keadaan yang menunjukkan pemerintah daerah dan masyarakat Ogan Ilir yang kompetitif dengan potensi sumber daya manusia yang profesional dan produktif.

       Berkualitas

Ogan Ilir Berkualitas adalah suatu upaya dari pemerintah Kabupaten Ogan Ilir untuk menghasilkan kegiatan pembangunan yang benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

   Misi

Perwujudan visi pembangunan ditempuh melalui misi untuk memberikan arah dan batasan proses pencapaian tujuan, maka ditetapkan 5 (lima) misi Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Ogan IlirTahun 2016-2021, sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan masyarakat yang transparan, bersih dan bertanggung jawab.
    Misi ini diarahkan untuk dapat mewujudkan dan meningkatkan kinerja aparatur pemerintah daerah yang dapat melayani masyarakat secara prima, menjadikan pemerintahan  yang baik (Good Governance), jujur, bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan yang merata, guna mewujudkan  SDM yang unggul dan bermartabat.
    Misi ini diarahkan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berpendidikan, berakhlak mulia, sehat, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dilakukan  dengan peningkatan akses dan pemerataan, peningkatan mutu pelayanan sosial dasar termasuk pendidikan dan kesehatan, keluarga berencana, peningkatan kualitas daya      saing tenaga kerja, peningkatan kualitas kehidupan kerukunan kehidupan umat beragama, dan perlindungan sosial yang dinamis.
  3. Meningkatkan perekonomian daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan investasi guna mengurangi pengangguran dan kemiskinan, serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.
    Misi ini diarahkan pada peningkatan daya saing produk lokal sehingga memiliki daya saing yang tinggi dengan peningkatan produksi dan produktivitas usaha mikro, kecil,          menengah dan koperasi dengan penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) disamping dengan penguatan sinergi dan kemitraan berbagai stakeholder yang terkait dengan    pembangunan daerah guna mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.
  4. Meningkatkan kualitas infrastruktur wilayah perkotaan sampai pelosok perdesaan berbasis lingkungan hidup.
    Misi ini diarahkan pada peningkatan kualitas infrastruktur yang mendukung pertumbuhan dan kelancaran perekonomian dengan tetap memperhatikan Rencana Tata Ruang  Wilayah sesuai daya dukung dan daya tampung lingkungan, serta penguatan kesiapsiagaan bencana yang mengancam keberadaan sumber daya potensial, strategis dan          kualitas kehidupan masyarakat.
  5. Meningkatkan kualitas kehidupan berpolitik dan demokrasi, ketentraman, ketertiban dan keamanan masyarakat, kehidupan sosial- budaya dan beragama, serta kepastian Hukum dan HAM.
    Misi ini diarahkan untuk meningkatkan ketertiban umum, ketentraman masyarakat serta stabilitas daerah baik di bidang ekonomi, sosial budaya, politik dan agama dengan peningkatan peran serta masyarakat dan pengarusutamaan gender dalam proses pembangunan melalui penegakan hukum, pemberdayaan masyarakat serta menjalankan proses demokrasi dan pendidikan politik yang sehat dan dinamis.