Ilustrasi editor.
Cabai bisa melegakan hidung yang tersumbat, baik untuk jantung, dapat meredakan rasa sakit, bahkan mampu melawan sel kanker.

Cabai atau cabe adalah anggota dari keluarga nightshade yang awalnya berasal dari Amerika.

Rempah-rempah yang rasanya pedas ini, ternyata memiliki beberapa khasiat mengejutkan bagi kesehatan. Apa saja? Berikut penjelasannya seperti dikutip Zeenews, Rabu (28/11/2012).

Baik Untuk Jantung
Vitamin A dan C bersama dengan bioflavinoids yang terkandung dalam cabai dapat memperkuat pembuluh darah, dan membuatnya elastis, serta lebih mampu menyesuaikan diri dengan fluktuasi tekanan darah. Selain itu, cabai juga mampu menurunkan kolesterol, dan mengurangi jumlah fibrin dalam darah.

Meredakan Rasa Sakit dan Peradangan
Capsaicin -- yang merupakan komponen utama dalam cabai -- merangsang pelepasan endorfin untuk meredakan rasa sakit. Selain itu, capsaicin juga mampu memenghambat Zat P. Zat ini berhubungan dengan proses inflamasi (peradangan), rasa sakit untuk sakit kepala atau migrain dan sinus. 

Melegakan Hidung yang Tersumbat 
Cabai membantu untuk merangsang sekresi yang membantu melegakan saluran hidung yang tersumbat. Selain itu, cabai juga mengandung sifat antibakteri yang membantu melawan infeksi sinus kronis.

Membantu Membakar Lemak
Studi menunjukkan bahwa capsaicin dapat membantu mempercepat metabolisme dan mengurangi jaringan lemak, serta mampu mengendalikan nafsu makan. 

Melawan Kanker
Menurut peneliti, capsaicin yang ditemukan dalam cabai membuat sel-sel kanker prostat mati.

Menurunkan Kadar Gula Darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin setelah makan. Jumlah insulin yang diperlukan tubuh untuk menurunkan tingkat gula darah setelah makan berkurang 60 persen.