Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

BPKAD

URAIAN TUGAS
BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD)
KABUPATEN OGAN ILIR

1.    KEPALA BADAN
Uraian tugas Kepala Badan, antara lain :
a. Melaksanakan penataan organisasi, kelembagaan dan peningkatan kapasitas sumber daya aparatur pengelola keuangan dan aset daerah.
b.    Menetapkan perda pengelolaan keuangan daerah.
c.    Penetapan standar satuan harga belanja daerah.
d.    Menetapkan Perda tentang APBD dan Perbup Penjabaran APBD
e.    Menetapkan kebijakan pengelolaan investasi dan aset daerah.
f.  Melaksanakan pengelolaan dan pengawasan BUMD dan lembaga keuangan mikro, serta BUM Desa.
g. Menetapkan dan melaksanakan serta pengawasan kebijakan pengelolaan pinjaman dan obligasi daerah serta BLU.
h. Mengelola data dasar perhitungan alokasi, pengelolaan dan pelaporan pengelolaan DAU.
i.      Menyampaikan usulan program dan kegiatan yang didanai dari DAK, pengelolaan, pengendalian dan pelaporan DAK.
j.    Menyampaikan usulan program dan kegiatan yang didanai dari Dana Bagi Hasil (DBH), pengelolaan, pengendalian dan pelaporan DBH.
k. Menetapkan kebijakan tentang sistem dan prosedur akuntansi pengelolaan keuangan daerah
l.      Menyusun laporan keuangan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.
m. Memfasilitasi penyusunan laporan keuangan dan pertanggungjawaban APB Desa.
n. Menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah.

2.    SEKRETARIS
Uraian tugas Sekretariat antara lain :
a.   Menyiapkan rencana kerja dan anggaran (RKA), dan rencana perubahan RKA, DPA dan perubahan DPA, laporan kinerja, menyusun kebutuhan anggaran kas, menyusun rencana kerja tahunan dan RENSTRA.
b.    Melaksanakan monitoring anggaran SKPD.
c.    Melakukan pencatatan, inventarisasi, pengamanan dan pemeliharaan barang milk daerah.
d.   Menyusun rencana program dinas dan pembinaan serta pembinaan kepegawaian, ketatausahaan, kerumahtanggaan, dan persuratan.
e.    Pengadaan, pendistribusian dan penggunaan barang milik daerah.
f.  Mengkoordinasikan implementasi Sistem Pengelolaan Keuangan dan Barang (SIMDA).
g.    Meneliti kelengkapan dan memverifikasi Surat Perintah Pembayaran (SPP), Uang Persediaan (UP), Ganti Uang Persediaan (GUP), Tambah uang Persediaan (TUP), Langsung (LS), LS Gaji, dan tunjangan PNS lainnya.
h.    Menyiapkan Surat Perintah Membayar (SPM).
i.      Melaksanakan akuntansi SKPD dan laporan keuangan.

3.    KEPALA BIDANG ANGGARAN DAN PERBENDAHARAAN
Uraian tugas Bidang Anggaran dan Perbendaharaan, antara lain :
a.    Menyusun RAPBD, RAPBD Perubahan.
b.    Mengesahkan DPA dan DPPA.
c.    Melakukan penelitian, penerbitan dan pencatatan terhadap SPD Belanja.
d.  Memantau, mengendalikan penerimaan dan pengeluaran APBD, DAU, DAK, DBH, Bantuan, Dana Perimbangan.
e.    Melaksanakan registrasi dan penerbitan atas SPM dan SP2D.
f.     Melaksanakan penerbitan SKPP.
g.    Menyiapkan anggaran kas daerah.
h. Melaksanakan penempatan uang daerah dengan membukukan rekening kas umum daerah.
i.      Menyusun laporan aliran kas secara periodik.
j. Mengkoordinasikan dan membina teknis penyelenggaraan penatausahaan perbendaharaan.
k. Memproses adinistrasi penunjukkan usulan penunjukkan pejabat pengelola keuangan daerah.

4.    KEPALA BIDANG AKUNTANSI
Uraian tugas Bidang Akuntansi, antara lain :
a.  Menyiapkan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan akuntansi daerah dan akuntansi SKPD.
b.    Melaksanakan pengujian rekening belanja atas SP2D.
c.    Melaksanakan restitusi/pengembalian pendapatan daerah.
d.    Melaksanakan akuntansi pertanggungjawaban pelaksanan APBD.
e.    Menyusun laporan keuangan daerah triwulan, semeter dan tahunan.
f.     Melaksanakan verifikasi atas penerimaan dan pengeluaran kas daerah.
g.    Menyajikan informasi keuangan daerah.
h.    Melaksanakan identifkasi dan kalsifikasi transaksi penerimaan.
i.      Melaksanakan rekonsiliasi penerimaan dengan SKPD terkait.
j.      Melaksanakan koreksi jurnal penerimaan.
k.    Melaksanakan indentifikasi dan klasifikasi transaksi pengeluaran.
l.      Melaksanakan rekonsiliasi pengeluaran dengan SKPD terkait.
m.   Melaksanakan koreksi jurnal pengeluaran.
n.    Menyusun laporan realisasi APBD semester dan prognosis 6 bulan berikutnya.
o.    Menyiapkan rancangan perda pertanggungjawaban APBD.

5.    KEPALA BIDANG ASET DAERAH
Uraian tugas Bidang Aset Daerah, antara lain :
a.    Menyiapkan peraturan tatalaksana barang milik daerah (BMD).
b.    Melaksanakan pendataan, penatausahaan barang milik daerah.
c.    Menyusun tta cara penuntutan ganti rugi barang milik daerah.
d.    Mengkoordinasikan pelaksanaan pemanfaatan dan pemeliharaan BMD.
e.    Melaksanakan pengamanan, pengendalian sertifikasi, BPDB dan STNK BMD.
f.     Menyusun standarisasi sarana dan prasarana kerja pemda.
g.    Menyusun harga satuan umum.
h.    Melakukan penilaian dan penghapusan BMD.
i.      Menghimpun laporan mutasi barang milik daerah dan pengguna barang.
j. Menyusun laporan pembukuan, penambahan, pengurangan dan pemindahtanganan BMD.
k.    Melakukan pembinaan pelaporan BMD.
l.      Menyusun buku induk inventarisasi barang tahunan dan pengguna barang

 (Sumber Peraturan Bupati Ogan Ilir Nomor 23 Tahun 2015)