Laman

" PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR MENGUCAPKAN SELAMAT HUT KE-14 KABUPATEN OGAN ILIR 7 JANUARI 2018, SEMOGA OGAN ILIR TETAP JAYA DAN MENJADI TERDEPAN"

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA


TUGAS POKOK DAN FUNGSI
DINAS  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO)
KABUPATEN OGAN ILIR

1.    KEPALA DINAS
Uraian tugas dan Fungsi  Dinas, antara lain :
a. Pelaksanaan kegiatan kesekretariatan, yaitu urusan perencanaan, pelaporan, umum, kepegawaian, perlengkapan, dan Keuangan ;
b.   Penyusunan rumusan program dan penjabaran kebijakan teknis pelaksanaan operasional di bidang komunikasi dan Informatika ;
c.  Perencanaan, penyiapan, pengelolaan dan penelaahan kebijakn teknis dan program di bidang Komunikasi, Informatika, statistik dan persandian ;

d.  Pelaksanaan pengawasan teknis atas pelaksanaan tugas sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah ;
e.  Pembinaan, pengaturan dan pengawasan terhadap kepemilikan dan penggunaan sarana dan prasarana Komunikasi dan Informatika ;
f.  Pembinaan, pengaturan dan pemantauan terhadap pelaksanaan kegiatan operasional di bidang Komunikasi dan Informatika ;

2.    SEKRETARIS
Uraian tugas Sekretariat antara lain :
a. Pengkoordinasi penyelenggaraan tugas- tugas secara terpadu serta hubungan masyarakat ;
b.  Pelaksanaan pengelolaan urusan perencanaan dan pelaporan;
c. Pengelolaan urusan umum, ketatausahaan, kearsipan, perlengkapan dan administrasi keuangan
d.   Pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan ;
e.  Pelaksanaan  tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya. 

3.    KEPALA BIDANG PENGELOLAAN INFORMASI PUBLIK
Uraian tugas Bidang Pengelolaan Informasi Publik, antara lain :
a.  Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah Daerah,  pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah, serta pelayanan informasi publik di Kabupaten ;
b.   Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan Informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah Daerah, serta pelayanan informasi publik di Kabupaten ;
c.  Penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang pengelooaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan Informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah, serta pelayanan informasi publik di Kabupaten ; 
d.   Penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan opini dan aspirasi Publik di  lingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah, serta pelayanan informasi publik di Kabupaten ;
e. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang opini dan aspirasi publik dilingkup Pemerintah Daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah, serta pelayanan informasi publik di Kabupaten ;



4.    KEPALA BIDANG PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK
Uraian tugas Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, antara lain :
a.  Penyiapan bahan perumusan kebikan di bidang Penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di Kabupaten ;
b.  Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses ;
c.   Penyiapan bahan penyusunan norma, standar , prosedur, dan  kriteria penyelenggaraan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapsitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di Kabupaten ; dan
d.  Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di Kabupaten ; dan
e.   Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang penyediaan lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di Kabupaten.

5.    KEPALA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Uraian tugas Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, antara lain :
a.  Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang layanan infrastruktur dasar data centre recovery center dan TIK, layanan  pengembangan intarnet dan penggunaan akses internet, layanan manajemen data dan informasi e- Government, integrasi, layanan dan keperintahan, layanan keamnan informasi e- goverment. layanan sistem komunikasi intra Pemerintah Kabupaten ;
b.    Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang layanan infrastruktur dasar data centre, disaster recovery centre dan TIK, layanan pengembangan internet dan penggunaan akses internet, layanan manajemen data dan informasi e-Government, integrasi layanan publik dan kepemerintahan, layanan keamanan informasi e- goverment, layanan sistem komunikasi intra Pemerintah Kabupaten ;
c.    Penyiapan bahan penyusunan norma, standar , prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang layanan infrastruktur dasar data centre, disaster recovery centre  dan TIK, layanan pengembangan internet dan penggunaan akses internet, layanan manajemen data dan informasi e- Government, integrasi layanan publik dan kepemerintahan, layanan keamanan informasi e-goverment, layanan sistem komunikasai intra Pemerintah Kabupaten ;
d.   Penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang layanan            infrastruktur dasar data centre, disaster recovery centre dan TIK, layanan pengembangan intranet  dan penggunaaan akses internet, layanan manajemen data dan informasi;              e- Goverment, integrase layanan publok dan pemerintahan, layanan keamanan informasi e- Government, layanan sistem komunikasi intra Pemerintah Kabupaten ; dan
e.   Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang layanan infrastruktur dasar data centre, disaster recovery centre dan TIK, layanan pengembangan internet dan penggunaan akses internet, layanan manjemen data dan informasi e-Government, integrasi layanan publik dan kepemerintahan, layanan keamanan informasi e- Goverment, layanan sistem komunikasi intra Pemerintah Kabupaten.
b   .

.    KEPALA BIDANG LAYANAN E-GOVERNMENT
Uraian tugas Bidang Layanan E-Government, antara lain :
a. Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang layanan Pengembangan dan pengelolaanAplikasi Generik, spesipik dan suplemen yang terintegrasi, penyelenggaraan ekosistem  TIK Smart City, Layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanana Publik dan kegiatan, penyelenggaraaan Government Chief Informasi Officer (GCIO ) di Pemerintah Kabupaten, Pengembangan Sumber Daya TIK Pemerintah Daerah Kabupaten dan Masyarakat di Kapubaten ;
b  Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang Layanan Pengembangan    dan pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik dan Suplemen yang terintegrasi, penyelenggaraan Ekosistem TIK Smart City, Layanan Nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan, penyelenggaraan Government Chief Informasi Officer (CGIO ) di Pemerintah Kabupaten, pengembangan Sumber Daya TIK Pemerintah Daerah Kabupaten dan Masyarakat di Kabupaten ;
c.   Penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria penyelenggaraan di bidang layanan pengembangan dan pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik dan Suplemen yang terintegrasi, penyelenggaraan Ekosistem TIK Smart City, Layanan nama domain, dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan, penyelenggaraan Government Chief Information Officer ( GCIO ) di Pemerintah Kabupaten dan Masyarakat di Kabupaten ;
d. Penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik dan Suplemen yang terintegras, penyelenggaraan Ekosistem TIK Smart City,  layanan nama domain dan sub domain lembaga, pelayanan publik dan kegiatan, penyelenggaraan Government Chief Information Officicer ( GCIO ) di Pemerintah Kabupaten, Pengembangan Sumber Daya TIK Pemerintah Daerah Kabupaten dan Masyarakat di Kapubaten ;
e.    Penyiapan Layanan Pengelolaan secara elektronik ( LPSE ) Kabupaten Ogan Ilir ;
f.    Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang layanan pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik dan Suplemen yang terintegrasi, penyelenggaraan Ekosistem TIK Smart City, Layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan, penyelenggaraan  Government Chief Information Officer ( GCIO ) di Pemerintah Kabupaten, pengembangan Sumber Daya TIK Pemerintah Daerah Kabupaten dan Masyarakat di Kabupaten. 




ADAPUN STRUKTUR ORGANISASI,  TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN OGAN ILIR SESUAI DENGAN PERATURAN BUPATI KABUPATEN OGAN ILIR NOMOR 79 TAHUN 2016..... DOWNLOAD DISINI ....!