Laman

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT OGAN ILIR SIAP MENSUKSESKAN ASIAN GAMES 2018 DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN 18-8-2018

STAF AHLI BUPATI

STAF AHLI BUPATI OGAN ILIR
 (Sesuai Peraturan Bupati Ogan Ilir Nomor 48 Tahun 2015)



Tugas Pokok STAF AHLI BUPATI OGAN ILIR, meliputi :
a. Melaksanakan pengkajian dan memberi telaahan, saran petunjuk dan rekomendasi kepada Bupati mengenai masalah Pemerintah Daerah dalam bidang hukum dan politik, bidang pemerintahan, bidang pembangunan, bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia, serta bidang ekonomi dan keuangan;
b. Melaksanakan evaluasi hasil kegiatan yang berkenaan bidang tugas yang diberikan oleh Bupati;
c. Memberikan petunjuk atau saran pendapat kepada Bupati mengenai yang menyangkut kelancaran tugas Pemerintah Daerah;
d. Melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi atas kelancaran pelaksanaan tugas Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh SKPD dalam Kabupaten Ogan Ilir;
e.   Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang keahliannya;
f.   Membuat laporan kegiatan kepada Bupati atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

JABATAN STAF AHLI BUPATI OGAN ILIR

Jabatan Struktural Staf Ahli Bupati Ogan Ilir terdiri dari :
  1. Staf Ahli bidang Hukum dan Politik;
  2. Staf Ahli bidang Pemerintahan;
  3. Staf Ahli bidang Pembangunan;
  4. Staf Ahli bidang Ekonomi dan Keuangan;
  5. Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

URAIAN TUGAS  STAF AHLI BUPATI OGAN ILIR

1.    Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik

Uraian Tugas Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik sebagai berikut :
Menyampaikan pemikiran, saran pendapat, menelaah dan mengkaji dalam  hal :
a. Penetapan dan evaluasi produk hukum daerah yang meliputi penyusunan peraturan perundang-undangan, penyiapan bantuan hukum dan pendokumentasian produk hukum daerah;
b.    Penyelenggaraan dan penetapan kebijakan untuk penegakan Peraturan Daerah, Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati;
c.   Penyelenggaraan koordinasi perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM), dan perlindungan anak.
d.    Penyelenggaraan politik meliputi kebijakan dalam ketahanan Ideologi, kesatuan bangsa, bela negara dan wawasan kebangsaan;
e.  Penyelenggaraan, pembinaan dan pengawasan pemerintahan di Kecamatan, Desa / Kelurahan dan masyarakat dalam kebijakan operasional sistem dan implementasi politik, budaya dan pendidikan politik, fasilitasi Pemilihan Umum, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah;
f.    Peningkatan kapasitas aparatur kesatuan bangsa dan politik dalam sistem dan implementasi politik, kelembagaan politik pemerintahan, kelembagaan partai politik, kebudayaan dan pendidikan politik,  fasilitasi Pemilihan Umum, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah;
g.  Bidang keamanan, dan bila terjadi konfliks horinzontal dalam masyarakat antar Suku, Agama dan Ras (SARA);

2.    Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan

Uraian Tugas Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan sebagai berikut :
Menyampaikan pemikiran, saran pendapat, menelaah dan mengkaji dalam  
a. Penyelenggaraan pemerintahan umum yang meliputi pengembangan otonomi daerah, pembinaan organisasi perangkat daerah dan pemeliharaan ketentraman dan ketertiban umum;
b. Penyelenggaraan pemerintahan yang meliputi fasilitasi dekonsentrasi, tugas pembantuan dan kerjasama;
c.    Penyelenggaraan pembinaan Pemerintah Desa meliputi pembinaan kelembagaan dan tata pemerintahan desa;
d.    Penyelenggaraan pemerintahan  dan pengembangan kapasitas Pemerintah Desa dan Pemerintah Kelurahan;
e.    Penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa dan pemerintahan kelurahan;
f.     Penyelenggaraan, tertib pertanahan dan fasilitasi penyelesaian sengketa tanah dan tata batas wilayah administrasi pemerintahan;
g. Penyelenggaraan penataan organisasi, kelembagaan, perangkat daerah, ketatalaksanaan, analisis jabatan dan analisis beban kerja;
h.    Bidang penataan kearsipan, perpustakaan dan dokumentasi daerah;
i.      Penyelenggaraan pengelolaan dan pengembangan wilayah perbatasan;
j.  Penyelenggaraan pemberian izin penanaman modal / investasi daerah dan perizinan usaha;
3.    Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan

Uraian Tugas Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan sebagai berikut  :
Menyampaikan pemikiran, saran pendapat, menelaah dan mengkaji dalam hal :
a. Penyelenggaraan pembangunan yang meliputi pembangunan perkotaan dan perdesaan;
b.    Penyelenggaraan pembangunan masyarakat kota dan desa;
c.    Penyelenggaraan perencanaan dan pemanfaatan tata ruang wilayah;
d. Penyelenggaraan pembangunan fisik dan prasarana pemerintahan daerah meliputi koordinasi penyediaan sarana dan prasarana tata ruang dan tata kota, pelestarian lingkungan hidup, pertambangan, energi dan sumber daya mineral;

1.    Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia

Uraian Tugas Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia sebagai berikut :
Menyampaikan pemikiran, saran pendapat, menelaah dan mengkaji dalam hal :

  1.  Penyelenggaraan pembangunan, pengembangan dan peningkatan pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak;
  2.  Penyelenggaraan pembinaan dan pengembangan perencanaan pembangunan pendidikan, keagamaan, kesehatan, perlindungan sosial, kependudukan, ketenagakerjaan, transmigrasi, kepariwisataan, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga;
  3.    Penyelenggaraan pengembangan dan peningkatan kesejahteraan rakyat, bantuan pelayanan sosial, penanggulangan bencana alam, pelayanan ketenagakerjaan dan kesempatan kerja;
  4.    Penyelenggaraan kebijakan penguatan kelembagaan dan pengembangan partisipasi masyarakat dalam pembangunan;
  5.      Penyelenggaraan pembedayaan adat dan pengembangan kehidupan sosial budaya masyarakat;
  6.   Penyelenggaraan koordinasi dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pelatihan masyarakat;

5.    Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan

Uraian Tugas  Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan sebagai berikut:
Menyampaikan pemikiran, saran pendapat, menelaah dan mengkaji dalam  
a. Penyelenggaraan pengembangan dan pembangunan pertanian, industri, perdagangan, koperasi, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) besar, pengembangan usaha daerah, kehutanan, perkebunan serta pengembangan agribisnis;
b.   Penyelenggaraan perekonomian daerah meliputi optimalisasi lembaga koperasi, perdagangan, industri kecil dan menengah;
c. Peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan pendapatan masyarakat;
d.    Penyelenggaraan pengembangan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan bantuan permodalan usaha ekonomi masyarakat;
e. Penyelenggaraan kerjasama ekonomi daerah, penyertaan modal daerah dan penggalian sumber investasi penanaman modal di daerah;
f.     Pembinaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD);
g.    Perencanaan dan perumusan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD);
h.    Perumusan penggalian dan peningkatan sumber pendapatan daerah;
i.      Pengelolaan keuangan daerah;

MEKANISME KOORDINASI, FASILITASI DAN KONSULTASI STAF AHLI BUPATI OGAN ILIR DENGAN SKPD KABUPATEN OGAN ILIR

Mekanisme koordinasi, fasilitasi dan konsultasi Staf Ahli Bupati dibagi berdasarkan urusan pemerintahan daerah adalah sebagai berikut :

1.   Rincian koordinasi dan konsultasi Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, sebagai berikut :
1.    Peraturan Perundang-undangan;
2.    Sosilisasi Hukum dan HAM;
3.    Penegakan Hukum;
4.    Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri;
5.    Perlindungan Hak Azasi Manusia; dan
6.    Ketertiban dan Ketentraman Umum.
2.      Rincian koordinasi dan konsultasi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, sebagai berikut :
1.    Pengawasan;
2.    Pelayanan Publik;
3.    Kinerja Pemerintah Daerah;
4.    Ketatalaksanaan;
5.    Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
6.    Otonomi Daerah;
7.    Pemerintahan Umum;
8.    Perangkat Daerah;
9.    Pertanahan; dan
10. Perdesaan.
3.      Rincian koordinasi dan konsultasi Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, sebagai berikut :
1.    Infrastruktur;
2.    Transmigrasi;
3.    Perhubungan;
4.    Lingkungan Hidup;
5.    Penataan Ruang;
6.    Pekerjaan Umum;
7.    Perencanaan Pembangunan;
8.    Komunikasi dan Informatika;
9.    Perumahan dan Permukiman;
10. Statistik;
11. Energi Sumber Daya Mineral; dan
12. Penelitian Pengembangan.
4.      Rincian koordinasi dan konsultasi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, sebagai berikut :
1.    Kesehatan;
2.    Pendidikan;
3.    Sumberdaya Manusia Masyarakat dan Tenaga Kerja;
4.    Pemberdayaan Masyarakat dan Desa;
5.    Pemuda dan Olahraga;
6.    Transmigrasi;
7.    Perpustakaan;
8.    Kearsipan;
9.    Kebudayaan;
10. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;
11. Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera;
12. Sosial; dan
13. Kepegawaian
5.      Rincian koordinasi dan konsultasi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, sebagai berikut :
1.    Keuangan dan Aset Daerah;
2.    Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
3.    Investasi;
4.    Perusahaan Daerah;
5.    Ketahanan Pangan;
6.    Perikanan;
7.    Pertanian (Peternakan, Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura);
8.    Kehutanan;
9.    Pariwisata;
10. Industri; dan
11. Perdagangan.

PEJABAT STAF AHLI BUPATI OGAN ILIR SAAT INI :

1. STAF AHLI BIDANG HUKUM DAN POLITIK
    
Nama                    : SYARKOWI, S.Sos, M.Si
   NIP                       : 195912121982011006
   Pangkat /Gol         : Pembina Tingkat I / Gol IV/b
   JABATAN              : STAF AHLI BUPATI BIDANG HUKUM DAN POLITIK
   JABATAN SEBELUMNYA :
1.    Kepala Dinas Sosial
2.    Kepala Bidang Permberdayaan Sosial Dinas Sosial Kab Ogan Ilir

ALAMAT               :  Jl Raya Lintas Timur Km 37 Lrg Al-Khoiriah LK IV RT 08 No. 18 Indralaya Mulya Kec Indralaya Ogan Ilir
HP No.                  :  0812 7808 440

2. STAF AHLI BUPATI BIDANG PEMERINTAHAN

   Nama                    : Ir. MOHAMMAD NAJIB, M.Si
   NIP                       : 196407041989031009
   Pangkat/Golongan :  Pembina Utama Muda, Golongan IV/c
   JABATAN              : STAF AHLI BUPATI BIDANG PEMERINTAHAN
    JABATAN SEBELUMNYA :
1.    Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan
2.    Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan
3.    Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan
4.    Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan
5.    Kepala Dinas Koperasi UMKM Industri dan Perdagangan
6.    Kepala Bidang Perencanaan Strategis BAPPEDA Kab Ogan Ilir

ALAMAT               :  Griya Cipta Utama Blok G Nomor 1 Kelurahan
   Indralaya Indah Kec Indralaya Kab Ogan Ilir

3. STAF AHLI BUPATI BIDANG PEMBANGUNAN
     Nama                        : Ir. YULIUS HENRY, MM
    NIP                           : 19631012 199903 1007
    Pangkat/Golongan     :  Pembina Tingkat I,  Golongan IV/b
    JABATAN                  : STAF AHLI BUPATI BIDANG PEMBANGUNAN
    JABATAN SEBELUMNYA :
1.    Kepala Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kab OKI
2.    Kepala Bid Pembangunan Diknas Kab Ogan Komering Ilir
3.    Kepala Dinas PU CIPTA KARYA DAN PENGAIRAN Kab OKI
4.    Staff Ahli Bupati Bid Pembangunan Kab Ogan Ilir
     Alamat                      :  Kompleks Pemda Tk I Sumsel Blok C1 Punti Kayu 
   Palembang
    HP No.            :  0811 7103 381


4. STAF AHLI BUPATI BIDANG KEMASYARAKATAN DAN SDM
      Nama                        : Drs. H. SYAMSUL BAHRI, M.Si
    NIP                           : 195807061983031015
    Pangkat/Golongan     :  Pembina Utama  Muda,  Golongan IV/c
    JABATAN                  : STAF AHLI BUPATI BIDANG Kemasyaratan dan SDM
    JABATAN SEBELUMNYA :
1.    INSPEKTUR Kab Ogan Ilir
2.    Kepala Badan PMPD Kab Ogan Ilir
3.    Kepala Dinas Koperasi UMKM Industri dan Perdagangan Kab Ogan Ilir
4.    Kepala BLPT Provinsi Sumatera Selatan
     Alamat                      :  Kompleks Persada Blok AA. Nomor 03 Kelurahan
   Indralaya Indah Kec Indralaya Kab Ogan Ilir
    HP No.            :  0812 7104 402

5. STAF AHLI BUPATI BIDANG EKONOMI DAN KEUANGAN
     Nama                        : DRS. SRIYONO
   NIP                            : 196311131992031003
   Pangkat/Golongan     :  Pembina Utama Muda, Golongan IV/c
   JABATAN        : STAF AHLI BUPATI BIDANG EKONOMI DAN KEUANGAN
   JABATAN SEBELUMNYA :
1.    Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan
2.    Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
3.    Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan
4.    Kepala Bagian Humasy Protokol Setda Ogan Ilir
5.    Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Ogan Ilir
    ALAMAT          :  Kompleks Perum Lestari Permai Blok H. Nomor 14
                 Kelurahan Sukadana Kota Kayuagung Kab OKI
   HP No.            : 0813 6899 4333