Misi

VISI

Visi Daerah Kabupaten Ogan Ilir tahun 2005  2025 sebagai tertuang dalam Rencana pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2005  2025 adalah:

TERWUJUDNYA OGAN ILIR YANG SANTRI MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA
 

       SANTRI mempunyai 2 pengertian pokok, yaitu :

  1. SANTRI, dalam arti Harfiah adalah Aktifitas Kehidupan sehari-hari dalam masyarakat ogan ilir yang selalu dilandasi oleh nilai-nilai agama islam
  2. SANTRI, sebagai singkatan dari Subur, Aman, Nyaman, Tertib, Relegius dan Indah.

Sejahtera
Mengandung pengertian: kondisi yang dimiliki, dirasakan, dan dinikmati oleh penduduk/masyarakat terhadap kebutuhan hak dasar hidupnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat sudah tercukupi atau melebihi. Kebutuhan dasar tersebut antara lain kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan, tempat tinggal, air bersih, pertanahan, sumberdaya alam, lingkungan hidup, rasa aman, dan hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial-politik, baik bagi perempuan maupun laki-laki.

MISI

Misi Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2005  2025 sebagai tertuang dalam Rencana pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2005 – 2025 adalah :

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia, sehat, berpendidikan, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan stabilitas keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, dengan menjunjung tinggi hak-hak azasi manusia (HAM) dan demokrasi.
  3. Meningkatkan kinerja Aparatur Pemerintah yang berakhlak mulia, jujur, adil, sejahtera, profesional, dan akomodatif terhadap aspirasi masyarakat serta mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.
  4. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam kerangka otonomi desa dengan pengelolaan pembangunan dan perekonomian masyarakat desa.
  5. Menjadikan Ogan Ilir sebagai kawasan pertumbuhan baru bidang perdagangan, perindustrian dan pendidikan di selatan Kota Palembang.
  6. Mengembangkan aksesibilitas, pemeliharaan sarana dan prasarana perhubungan.
  7. Mengembangkan zona agribisnis, agroindustri, industri kecil dan menengah, penguatan kelembagaan dan pemasaran produk.
  8. Mengelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup yang lestari dan berkelanjutan.
  9. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat sipil dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan.
  10. Meningkatkan kualitas kehidupan dan peran perempuan dalam pembangunan sehingga terdapat kesetaraan dengan kaum laki-laki sesuai dengan kaidah pengarus-utamaan gender.