Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir Raih Predikat Baik (B) SAKIP 2023, Yang di Terima Langsung Oleh Bupati Ogan Ilir

Pemerintah kabupaten Ogan Ilir berhasil meningkatkan performa Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari predikat C pada tahun sebelumnya menjadi B berdasarkan hasil evaluasi SAKIP 2023. Dengan ini pemkab Ogan Ilir mengalami kenaikan yang signifikan dari 57,38 ke 60,12. di tahun 2023.


Acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dan Zona Integritas Tahun 2023. Bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center 1 Kawasan Terpadu ITDC NW/1, Nusa Dua Bali, Rabu (06/12/2023).


Atas pencapaian ini, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH, diberikan penghargaan SAKIP secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas , S.Pd., S.S., M.Si. dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.


Dalam acara ini Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas , S.Pd., S.S., M.Si. membuka secara langsung dan juga menyerahkan hasil evaluasi Reformasi Birokrasi (RB), Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), serta Zona Integritas (ZI) 2023 kepada instansi pemerintah. 


Wakil presiden RI Ma'ruh Amin mengatakan, meski menunjukkan tren positif dengan kenaikan nilai rata-rata, diingatkan agar instansi pemerintah tak cepat berpuas diri karena reformasi birokrasi adalah sebuah proses berkelanjutan.


Terkait peningkatan nilai rata-rata AKIP, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan dari 499 kabupaten/kota yang mengikuti evaluasi diperoleh nilai rata-rata AKIP tahun 2023 sebesar 63,36. Dibandingkan dengan capaian tahun 2022 yakni sebesar 62,34 rata-rata AKIP kabupaten/kota mengalami peningkatan sebesar 1,02 poin.


Sementara itu dari 34 provinsi yang mengikuti evaluasi AKIP Tahun 2023, diperoleh nilai rata-rata AKIP sebesar 72,17. Dibandingkan dengan capaian tahun 2022 yakni sebesar 71,70, rata-rata AKIP provinsi tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar 0,47 poin.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Anas, juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah berhasil mendapatkan kenaikan predikat AKIP, instansi dengan implementasi RB Tematik terbaik, juga unit kerja yang berhasil meraih WBK/WBBM di tahun 2023. " Semoga dengan adanya peningkatan kualitas AKIP dan RB serta raihan predikat WBK/WBBM tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun-tahun yang akan datang, " tutupnya.


Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar SH, sangat mengapresiasi kinerja perangkat daerah pemkab Ogan Ilir. " Jangan cukup puas dengan nilai yang di dapat, pertahankan dan terus tingkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, " ujarnya.