Wabup OI Hadiri Video Conference SONGKET dan Pengukuhan Forum DAS

Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani bersama Kapolres Ogan Ilir,  Anggota DPRD Ogan Ilir, dan Kepala OPD Pemkab Ogan Ilir hadiri Video Conference dalam Rangka Launching Aplikasi Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (SONGKET) Sumsel, dan Pengukuhan Pengurus Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) Sumsel Periode 2021-2026. Jum'at (7/5), Bertempat di Ruang Rapat Bupati KPT Tanjung Senai Indralaya.  

Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani menyampaikan "Aplikasi Songket adalah Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang dikembangkan untuk mendukung dan sebagai bentuk upaya pencegahan dan penanganan Karhutla di wilayah Sumatera Selatan. 

Masalah kebakaran hutan telah menjadi isu nasional yang patut mendapat perhatian serius dari pemerintah. Kejadian ini terjadi setiap tahun secara berulang, khususnya di Sumatera Selatan. 

Perlu dipahami, bahwa instansi pemerintah dan masyarakat, termasuk petani, perusahaan-perusahaan, perkebunan dan HTI, merupakan mata rantai yang tidak terputus, yang terkait langsung dengan kebakaran hutan.  Melalui Aplikasi Songket ini diharapkan dapat membantu penanggulangan kebakaran yang ada khususnya di Ogan Ilir. 

Teruntuk Pengukuhan Pengurus Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) Sumsel Periode 2021-2026 Wakil Bupati Ogan Ilir menyampaikan "Semoga dengan terbentuknya Pengurus Forum DAS yang baru, dapat meningkatkan fungsinya sebagai Penampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat terkait pengelolaan DAS, memberikan sumbangan pemikiran dalam pengelolaan DAS di Sumatera Selatan, dan menumbuh serta mengembangkan peran yang ada. 

Saya berharap dengan terbentuknya pengurus Forum DAS yang baru dapat menjadi pengelola ekosistem DAS secara profesional, transparan, partisipatif dan akuntabel.